February 15, 2009

buat om kab sama umi rin.

mengingat banyaknya request dari beberapa pengunjung mengenai review film Persepolis yang masuk ke redaksi saya (ghayak..!!!), akhirnya saya putuskan untuk membuat reviewnya. yah, sekalian belajar ngereview.

***
persepolis bercerita tentang masa kecil Marajane Setrapi (marji), pasca keruntuhan syah Iran dan mulai bergeloranya revolusi republik Islam Iran.



Marji kecil tumbuh sebagai gadis yang selalu ingin tau dan memiliki daya imajinasi tinggi.





sama seperti gadis remaja seusianya saat itu, Marji tidak terlalu suka dengan aturan syariah islam yang berlaku di negrinya pasca revolusi.


selain itu marji juga sangat kritis. hal inilah yang menyebabkan orangtuanya akhirnya mengirimkannya ke Vienna untuk ngungsi sementara. di Vienna, Marji merasa sangat berbeda dan tak nyaman. Dia memang terbebas dari aturan wajib tutup aurat seperti yang berlaku di tanah airnya. Namun di Vienna banyak orang meremehkannya hanya karena dia seorang Iran.

Setelah beberapa waktu, akhirnya Marji mulai terbiasa. Pertemuannya dengan seorang pria yang membuatnya jatuh cinta mulai membuat segalanya berbeda. Marji bahkan rela memberikan segalanya demi pria tersebut. Namun, suatu kali Marji menemukan kekasihnya tidur dengan wanita lain.

Disini, dia sangat terpukul. seluruh hidupnya kacau. Tanpa uang Marji pun mulai hidup menggelandang di jalanan. Sampai akhirnya dia ditemukan pingsan dan diagnosis menderita bronkitis. di rumah sakit itu Marji menumpang menelpon keluarganya di Iran dan menyatakan ingin pulang.

orangtuanya pun setuju dan pulanglah ia.
sesampainya di Iran, Marji menjadi sosok yang berbeda.
dia bukanlah Marji yang sama dengan Marji yang dahulu pergi ke Vienna. semua orang menyadari itu. Patah hatinya membuat dia kehilangan semangat hidup.

sampai di suatu ketika, Marji sadar bahwa dia tidak bisa hidup berlarut dalam dukanya.
maka marji memutuskan untuk melanjutkan hidup. Dia masuk universitas dan bergaul dengan teman2. Dikampus, Marji bertemu seorang pria yang menarik hatinya, Reza.
mereka pun membina hubungan (di indonesia dikenal dengan istilah pacaran) dan kemudian memutuskan menikah setelah tertangkap basah berpegangan tangan di dalam mobil padahal mereka belum kawin.

setelah beberapa lama kawin, eh, maksudnya menikah. Marji mulai merasa tidak lagi mencintai suaminya. Akhirnya diapun memutuskan untuk bercerai.

sampai disini saya agak lupa kelanjutannya, kayaknya sih filmnya udah sampai sini aja.
hehe..maap yah kalo reviewnya kurang memuaskan.
maklum, namanya juga masi belajar. (hehe.. belajar ngeles juga.)

5 comments:

  1. hehehe... makasih ya reviewnya Mell... :)

    Ehmm, iini film realita yang pernah aku dengar daan lihat disini Mell. Kebetulan di kota Umi tinggal lumayan banyak orang asing dari beberapa negara Islam Timur Tengah. Kasihan melihat saudara sesama Muslim yang dalam kehidupannya terpengaruh dengan kebudayaan, kebiasaan dan pola pikir barat. Semua karena kurangnya ilmu tentang Islam. Harapan Umi film yang Mell tonton ini bisa diambil hikmahnya ya... :)

    ReplyDelete
  2. wow... untuk seorang pemula ternyata reviewnya luar biasa bagus ... ternyat kamu punya talenta ,truslah diasah .

    Thanks 4 reviewnya

    ReplyDelete
  3. *Aku suka dengan review kamu, salam kenal ya

    *Oh iya sy mengundang anda tuk membaca Novel sy yg berjudul HEXVERSTOONE di blog saya, kl gak keberatan sekalian di follow, mohon dukungannya

    *Salam hormat

    ReplyDelete
  4. thanks reviewnya ... penasaran nih habis cerai terus gimana ?

    ReplyDelete
  5. >umi rin_< iyah mi, waktu melyn tinggal di aceh juga gituh. banyak remaja seusia melyn yang ga terlalu suka sama penegakkan syariat Islam di Aceh. Termasuk Melyn dulu. huehe.. tapi itu dulu..
    Insya Allah mi, sebagai manusia yang dikarunia akal, seharusnyalah kita bisa mengambil hikmah dari setiap cerita.

    >om kab_> halah, si om bisa aja. jadi maluu. ahakk..

    >them2_< salam kenal juga.. iya nanti di follow. Novelnya bagus, tetep semangat berkarya. Caio them2..!!

    >mbak ely_< habis cerai, dia dateng ke rumah neneknya yang lagi nyiram bunga. abis itu cerita flashback ke adegan waktu dia bobok dan ngobrol2 sama neneknya. abis itu selesai. hehe.. bingung ga?? sama ana juga bingung.

    ReplyDelete