May 25, 2009

guru besar

tiba2 aku kepikiran kak wiwik, sepupu sekaligus guru besarku yang bel0m lama2 amat meninggal karena hidrocephalus.
Gara2nya waktu malem minggu kemaren mama ngungkit2 pr0sesi meninggalnya kak wiwik beberapa bulan lalu. kata orang2 yang melayat sih, kaki, tangan sama badan kak wiwik yang semasa sakit bengk0k2 itu pas meninggalnya jadi lurus gituh.

Yang bikin aku kepikiran bukan s0al fen0mena itu. Tapi andai2ku kalo aja 17tahun hidupnya -kalo seumur hidup tergeletak gak berdaya di tempat tidur bisa disebut hidup- gak hanya tersita untuk sakitnya itu.
Aku pikir, seandainya aja aku punya sedikiiitt aja waktu buat kami habiskan bersama. Mungkin grup pecicilan generasi kedua di keluarga besar ramb0iya gak cuma aku sama mbak ayu aja, tapi juga kak wiwik.

J0gging sebel0m subuh trus tiduran di aspal jalanan sambil nunggu langit terang, main2 di ayunan nunggu matahari terbenam, n0ngkr0ng s0re2, n0nt0n bareng, karaokean gila, narsis bareng, ngerumpi semaleman tiap liburan, dan seabrek ritual laen yang rutin aku sama mbak ayu lak0nin kalo kami ketemu.
Seandainya aja kak wiwik bisa ngerasain paling gak sattuuu aja dari semua ritual kami itu. Pasti bakal menyenangkan, gak cuma buatku, tapi juga untuk dia.
Yah, aku tau dari sakitnya kak wiwik, aku udah bisa banyak mikir dan belajar. Tapi tetep aja aku berharap kak wiwik bisa ngerasain ritual2 seru itu. Seenggaknya satu.
17taun dia sakit, sejak umur 8bulanan sampe dia meninggal dan itu berarti nyaris seumur idupnya. Seandainya aja dia punya kesempatan buat bersenang2 sebentar.

Ah, yaudahla.. berandai2 kayak gini lama2 malah bikin aku kesal.
aku bener2 harus belajar berhenti berandai2 gak jelas kayak gini, ini tuh cuma bikin aku mikir betapa hidup itu gak adil. Bukankah, tiap titik itu bakal punya garisnya masing2. T0h, darinya aku udah bisa banyak mikir dan belajar, aneh kalo aku tetep ng0t0t berandai2 untuk sesuatu yang gak mungkin bisa kuperbaiki lewat cara apapun.

Setiap inget kepalanya yang besar dan nyaris b0tak. Setiap inget penampakan badannya yang cuma tulang lapis kulit. Setiap inget jari jemarinya yang kaku dan bengk0k2 menggenaskan. Paling gak, itu semua selalu sukses bikin aku mikir betapa sangat beruntungnya aku. Paling gak kak wiwik uda ngajarin aku untuk terus belajar ngehargain hidup, dengan apa yang udah aku punya dan apa yang orang lain gak punya. Dengan apa yang gak aku alami tapi orang lain harus alami. Aku bener2 harus bersyukur.

Kadang2 aku mikir bahwa hal2 berat yang aku alamin mungkin gak sebanding sama apa yang semasa hidupnya harus kak wiwik jalanin.
Yah, aku emang gak tau hidrocephalus itu sakit ato gak. Tapi ngebayangin gimana kepalaku terus membesar, berat badanku menyusut, rambut2ku r0nt0k dan tulang tulangku bengk0k. Pasti rasanya gak mungkin menyenangkan.

Aku masih inget gimana aku ngeliat kak wiwik dulu. Selalu pengen nangis kalo ngeliat badannya, tapi selalu dapet suntikan semangat baru kalo uda liat matanya yang belo dan jernih itu, yang begitu bening meski badannya bau pesing. Yang selalu mengerjap ngerjap lugu. Entah dengan cara apa, tiba2 aja aku bisa dapet suntikan semangat baru. Yah, meskipun aku gak bisa lagi liat mata bel0nya yang jernih menenangkan hati, paling gak aku masi bisa ngebayangin gimana rupa2nya.
Meskipun gak persis sama, tapi gak akan jauh beda.
Yang pasti, ngeliat langsung atopun cuma ngebayangin aja, aku tetep dapet suntikan semangat.
Dalam hidup, kita emang gak bisa kalo cuma m0dal semangat aja. Tapi kalo gak semangat, gimana kita mau hidup?!?
Iya to?

Eh, ng0m0ng2, ngerasa gak kalo endingnya jadi rada gak nyambung. Hhoho... emang daridulu aku sering gak nyambung kan ya. Yah, daripada ntar makin gak nyambung mending aku udahan aja p0stingnya.
Tapi aku mau k0nfirmasi dulu s0al menghilangnya aku dari peredaran dunia maya.

Oke, sebenernya aku lagi taruhan sama temenku untuk gak inetan selama setengah bulan. Praktis selama itu aku diharamkan nyentuh blog dan segala aktivitas bl0gging, fesbuk, ym, nimbus bahkan cek imel.Untuk itu, aku sengaja gak isi pulsa untuk menghindari g0daan fesbukan via hape.
Tapi baru seminggu gak online, emang berasa ada yang hilang. Apalagi telp0nan mbak quin yang ngasi tau hasil penerawangan mr.p yg bilang aku diculik.
Jadilah, akhirnya aku p0sting lagi sekaligus meluruskan kabar kabur tersebut.
Sekiranya segini dulu k0nfirmasi dari saya. Salah khilaf saya m0hon maaf.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

22 comments:

  1. mel...benar2 ga nyambung nh....
    btw taruhannya apa ga ngenet sebulan.

    ReplyDelete
  2. huaaa keduluan jingga... ga asikkkkk

    ReplyDelete
  3. @ Mr P : tuhhh kan bukan diculik.. sayah bilang juga apah? Arrrgggghhh!!! xixixi :D

    ReplyDelete
  4. waduh.. kok bs ada kabar diculik?? ati2 yaaa...

    ReplyDelete
  5. hmmm..kasihan ya Mel .. Rahasia Ilahi,tak ada yang mengerti
    PS: kalo mau diculik,lain kali pake pengumuman dongggg

    ReplyDelete
  6. Semangat saja emang belumlah cukup . dia juga harus diikuti dengan ikhtiar yang kuat dan sungguh2 serta prosedur yang benar.

    ReplyDelete
  7. hohoho emang bs 1 bln g ngnet, q aj 1 jam g bs,he..
    btw g mngkinlah u di culik, pling u yg nyulik,xixixi *kaborrrr*

    ReplyDelete
  8. Si Polar ni sukanya kabor kaboran mulu dari kmrn.

    Hmmmm.... kita manusia hanya bisa berandai-andai Mel... semuanya Alloh yg menentukan.

    Andai aku bisa memiliki gadis imut itu seutuhnya, hmmmm.... pasti aku bahagia bngt.

    ReplyDelete
  9. guru besar itu gak selalu dari yang kita kira yah. Semoga mba Wiwik mendapatkan tempat yang lebih oke di sanah

    oh sekarang udahan taruhannya ? :D

    ReplyDelete
  10. Mbak Melyn, photomu lucu, imut tenan.

    Hidroceplus itu penyakit apa to Mbak, saya koq ndak tau. Ya maklum saya ini wong ndeso.
    Mbak saya mengikuti blogmu ya, tp nanti gantian, mau?

    ReplyDelete
  11. bongPJ:
    bukan sebulan b0ng, cuma setengah bulan k0g. Hhaha, kami bertaruh untuk sebuah pengakuan. Bukan apa2, tapi berharga. xixi..

    mbak quin:
    hhehe, gak dapet pertamax yah? Keduluan juga tuh ditempatnya mr.p. Hhoho..
    Emang dasar tuh mr.p, aneh2 aja nyangka ana diculik. Diculik buat jadi ratu di kerajaan venus sih iya. xixi...

    chrys:
    huehe.. maklum, om ana emang suka lebay. Hhoho..

    mr.P:
    iya iya..
    PS: Kalo pake pengumuman bukan penculikan namanya. Hwakwkwkwk..

    Om kab:
    setuju!
    Dengan pr0sedur yang benar kan om. Sipla!

    p0lar:
    huehe, keren juga ana bisa seminggu gak sentuhan sama inet. Hhaha..

    siauwll !! Maksudmu aku gak laku diculik gituhh..

    om ri0:
    Inget gak kata2 om dulu?
    kalo kita ikhlas ngejalaninnya insya All0h gak akan ada pihak yang tersakitiharus ikhlas kan nerima tetapanNYA.
    Ayo, kita sama sama berjuang untuk berhenti berandai2. Setiap titik punya garisnya masing2.
    Semangatt..semangaatt..!
    (n.n)/

    j0NK:
    iyah.. aminn..amiinn..
    tengs br0!

    0m sugeng:
    tapi kata om riosemut, potoku mirip punyanya mbak ceb0ng ipiet. Bener gak si? Hhoho..
    Eh, om.. Jangan panggil aku mbak, panggil nama aja. Aku masi 17 lohh. Hhehe..

    Itu, penyakit hidrocephalus tuh penyakit karena adanya penumpukan cairan dikepala. Gak ngerti juga ana, pok0knya kepalanya jadi gede gitu.

    Sipp, entar punya om aku f0llow ya. Makasi uda kunjungan ya om. Jangan kap0k. Hhe..

    ReplyDelete
  12. pokoknya yang coba nyolek-nyolek si melyn,..apalagi nyulik akan berhadapan dengan saya,.....xixixi

    ReplyDelete
  13. ternyata anak ini dikembalikan sama penculiknya, nyesel kali ya tuh para penculik....hahahaha....-
    atau sibuk nyamperin mas2 kantoran yang katanya cakep tuh suiiit-suiiiiit hehehehehe.....
    Semoga sang guru besar mendapat tempat yng lebih baik dari dunia ini...Amin

    ReplyDelete
  14. Sabar ya mel,relakan kk wiwik yang telah pergi.Dan jadikan itu pelajaran melyn untuk lebih berhati-hati menjaga kesehatan.Moga arwahnya tenang di sisinya amin.

    ReplyDelete
  15. kehilangan itu adalah pelajaran..pelajaran bagi yang hidup. sebiak-baik kematian adalah yang memberikan hikmah paling banyak bagi yang ditinggalkan.

    ReplyDelete
  16. paman aku LAPOR!! aku nggak beranu nyolek2 ponakanmu ...bukan takut ama paman tp dia ternyata sdh lebih dewasa dr cah bontot ...sigh!

    ReplyDelete
  17. membaca Tulisan Mbak Melyn seperti iklan "pertama begitu menggoda setelah itu terserah anda", terima kassih ya melyn ...sudah kerumah om.

    ReplyDelete
  18. yahsu:
    ohh, jadi ini yang bikin penculik2 gak berani nyulik ana. Takut berhadapan dgn mr. juntravolta ternyata. xixixi..

    om fernando:
    hwkwkw, bukan nyesel om. Tapi takut sama mr. junkennedy. Hhoho..

    mbak aish:
    iya mbak. Jipp! Aminn..

    mas icang:
    hhehe.. yupiyupii.. bener tuh.

    mr. bondt0pcah:
    bo'0ng tuhh. Barusan d FB c0lek2 ana.
    huehehe.. uda dewasa. Gak chilldish lagi kan ya.
    cihuuiii..!

    tian:
    hhehe..
    kamu mau dic0lek juga say? Sini tak c0lek, xixixi..

    om amin:
    hah? Iklan apaan tuh om?
    Huehe.. makasi juga uda mampir ke rumah ana.

    ReplyDelete
  19. hahahahaha..ana - ana wae ih si mellyn ini..wkwkwkwkwk...
    btw, kasusmu persis sama kasus anaknya budheku, yang 18 tahun malah, "sakit"..ya sakitnya hampir sama kayak kasusmu, tapi lebih parahnya, budheku punya 2 anak, cowok semua, kakak adik, dan mereka "sakit semua.....nggak bisa ngomong, nggak bisa jalan..makan sendiri nggak bisa, apalagi kalo Buang AB..wkwkwkwkw....
    tapi, di umur yang ke 20 dan 18, mereka berdua maeninggal...:(...sedihnya..
    memang kita harus selalu bersyukur..:D

    ReplyDelete
  20. Hallo mel, mksh bwt silaturahminy.. Penyakit itu mgkn mirip dg kelumpuhan y..?? Y smg ini mengingatkn kt akan arti ketegaran dan selalu bersyukur..

    ReplyDelete
  21. mas piyudh: ana ana wae.. xixi..
    ternyata bener. Diatas langit masi ada langit. Kadang kita ngerasa dirikita orang paling sengsara diseluruh dunia, padahal masi ada orang2 yang jauh lebih susah dari kita. Harus semakin banyak bersyukur.

    mb nit: sipp mbak! Memang harus banyak bersyukur.

    ReplyDelete