August 5, 2009

h0me

tiba2 inget medan.

dik0san ini banyak penghuni yg asalnya dari sumut.
Tadi malam aku ng0brol sama seorang anak medan di ruang tipi sampe lewat jam 11malam.
Namanya Nia, lahir di sam0sir tapi di medan sekolahnya. Mahasiswa baru juga.

Gara2 ng0brol sama Nia aku jadi kangen ng0m0ng pake bahasa medan. Sebenernya gak ada bahasa khusus. Cuma dialegnya aja yg agak khas.

Aku memang orang yang gampang terprovokasi sama lawan bicara. Apalagi kalo lawan bicaraku pake dialeg yg uda aku kenal.
Ng0m0ng sama kawan2 di banjar, aku berdialeg banjar.
Ng0m0ng sama kawan2 diaceh, akupun berdialeg aceh.
ng0m0ng sama orang jawa, apalagi yang dialeg jawanya masi medok. Aku bisa terprovokasi ngikut njava.
Apalagi ng0m0ng sama orang medan. Makin gampanglah aku ber-kau2 ria.
Gitu juga kalo ng0m0ng sama iven. Akupun akan berluguelugue ala anak jakarta sana.

Gak tau kenapa.
Kayak uda ada settingannya. Hakkzz ><..

Tapi diantara semua dialeg itu. Dialeg medanlah yg kuanggap bahasa ibu. Meskipun ortu jawa, kakeknenek empat2nya jawa, o0m tante suku jawa, para uwak orang jawa, pakde budhe juga jawa.
Tapi sampek sebesar ini aku tuh ra iso bahasa jawa. Paling juga logat2nya aja yg suka [sok] jawa.

Mungkin karena aku lahir di medan. (sebenernya sih di binjai. Tapi anggep aja deh di medan. Binjai itu ibarat sumpiuhnya purwokerto. *sok teu), besar di medan, s0dara2 semua di medan.

Jadi kemanapun aku merantau, gak peduli ke jawa, b0rneo, sulawesi bahkan papua. Bagiku medan tetaplah rumah yang akan selalu menerimaku kapanpun aku ingin pulang. Kampung halaman yg akan selalu menyambut ramah kapanpun aku rindu rumah.

Kemanapun aku pergi. Dimanapun aku berada nanti.
Bagiku medan tetaplah rumah.

Bentar lagi ramadhan. Ugh, jadi pengen pulang.

17 comments:

  1. horas....
    hhehhee..cuma itu bahasa edan yg mel ngarti..
    hope to see you soon on my blog and give a comment there

    ReplyDelete
  2. waaaahhhh semoga kangennya ngggak mengganggu aktivitas nya yak....siiip

    ReplyDelete
  3. Rindu Akan KampUng ya Neng.... Sama Donk di Sini di riku juga meRindukan Rumah di Kampung.....

    ReplyDelete
  4. rindu kampung ya...
    sabar, bentar lagi lebaran...kantak lama lagi mudik...

    ReplyDelete
  5. Tapi emang logat medan tu keren abiz..,
    Ora kaya purwokerto.,ngapak-ngapak...ora teyeng .,

    ReplyDelete
  6. ya ampun, dirimu ternyata jago menempatkan diri, tetap semangat belajarnya Bu :D

    aihh orange keren banget :D

    ReplyDelete
  7. hmm,...sabar ya sis hehehe.

    ReplyDelete
  8. mb aisha: orang sabar disayang Tuhan kan. :D
    j0nk: gak gitu jg siy j0nk. Harus ada adaptasinya dulu, gak bisa tiba2 langsung bisa. Kalo ng0m0ng sama orang madura, gak bisa langsung gape l0gat madura.
    Hoho.. orens emang warna yg keren.
    mb quinie: h0ras bah!! ;D
    0m srex: ngapak2?? Hagshags..
    b0ng rizal: yah, gak tau juga bakal mudik ato gak.. Hukzz..
    laksamana embun: emang kampungnya dimana mbun?
    buwel: amiinn.. Tralatengkyu buu..
    melandri: hihi.. H0ras bah !!!
    Sipp.. tunggu dakuuww dirumahmuww..

    ReplyDelete
  9. sama ane pake bahasa hati plus bahasa tubuh hahahahaha.....

    ReplyDelete
  10. pamanmu BangBongJun kemana ya mel?.....
    oooi...ada yang tau BangBongjun Nggak?...

    ReplyDelete
  11. Wah kayaknya lagi kangen kampung halaman nih

    ReplyDelete
  12. om fernando: iyaa.. gak gentayangan lagii..
    jangan2 sakit..
    ada yang tau nomernya kaga??
    kulia gratis hu'uhh..

    ReplyDelete
  13. sama kayak aku, kemanapun pergi merasa anak betawi terus secara lahir dan besar di jakarta.

    ReplyDelete
  14. Hhehe..
    Kalo aku anak orangtuaku mbak.

    ReplyDelete