December 11, 2009

berbenah!

Aku membuka lagi coretan ember cita2 yg kutulis dulu dgn begitu menggebu. Semuanya ada 43, dan entah dgn sihir apa sekarang ke43 butir muntahan itu perlahan terlupa. Hanya menjadi penghias diantara lembar2 catatan kuliah dalam binder biru tua. Berdiam di bagian agak belakang yg jarang terjamah mata.

Aku membaca lagi ke43 butirnya. Segala cita2. Segala rencana. Segala yg pernah termuntah dan sempat terlupa. begitu bersih. tanpa coretan. tanpa kebanggaan. tanpa 1pun target yg berhasil kucapai.


Bagaimana dgn targetku untuk khatam al qur'an setahun 3x? Berupaya membaca 5halaman sehari. Sedang sekarang membaca beberapa ayat sehari saja rasanya susah.
Bagaimana dgn menghafal 20mufrodhat setiap hari? Sedang sekarang 1kata per hari saja belum pasti.

Bagaimana dgn beli DSLR pake uang sendiri? Target nabung 10rb setiap hari. Gimana mungkin bisa backpacking keliling jawa kalau uang bulananku cuma habis di perut saja?!

Bagaimana dgn target 6bulan lancar bahasa inggris? Padahal faktanya bulan ini saja aku uda 3x bolos kelas inggris.

Dan gimana mungkin aku bisa lulus 3,5tahun dgn IPK diatas 3,5 kalau aku masih tertidur di kelas linguistik, bersembunyi dlm diskusi di kelas ilmu budaya, meng0br0l dikelas khat, mengomel di kelas PAI, membolos di kelas inggris, mengantuk di telaah dan bersantai2 di kelas percakapan arab.

Bahkan yg paling sederhana. Bagaimana dgn targetku membaca 2 buku baru setiap bulan? Bahkan pd kenyataannya semenjak dij0gja aku ga pernah lagi berhubungan dgn perpustakaan.
Bayangkan, seorang mahasiswi yg ga pernah ke perpustakaan.
Entah mau jadi apa dia.
Bahkan untuk update p0sting di blog ini saja rasanya begitu payah. Tanyakan berapa kali aku blogwalking dlm 3bulan ini ?! Gak sekalipun! Benar2 payah!

Entah!
Entah selama ini waktuku lenyap kemana. Entah tersedot untuk apa. Membaca jarang menulis jarang. makin lama makin gak produktif aja kayaknya. Benar2 payah!
Bener kata mbak puspa. Jika kita gak menggunakan waktu kita untuk hal2 yg penting, maka dia akan tepakai untuk hal2 yg ga penting.
selama ini aku bener2 uda disibukkan oleh hal2 ga penting.
sigh! gak kusangka ternyata aku bisa sepayah ini.
bener2 payah!


Tapi sekarang. Dengan semangat yg dulu dan kesungguhan yg baru.
Bagaimana kalau aku bilang, aku akan mulai memaksa diri lagi untuk menertipkan rawatib, tahajud, duha, sedekah serta shaum sunnah. Dengan semangat yg dulu dan kesungguhan yg baru. Bagaimana kalau aku bilang aku akan memaksa diri untuk mulai bersungguh2 di semua mata kuliah.
Bagaimana kalau aku bilang aku gak akan lagi masuk kelas inggris dgn rasa malas yg menumpuk serta wajah yg mengantuk. Aku akan berusaha menyukai Mr.Supri, mendengarkan kata2nya, merespon tiap pertanyaanny, berk0mentar tiap diminta, gak lagi bersembunyi dalam diskusi sebagaimana aku selama ini.

Dengan semangat yg dulu dan kesungguhan yg baru. Bagaimana kalau aku bilang aku gak akan lagi menghamburkan uang lebih dari 20rb dalam sehari. Bagaimana kalau sekarang aku bilang aku akan punya tambahan mufrodhat baru setiap hari, sedikit2nya 3k0sa kata setiap harinya. Bagaimana kalau aku bilang aku akan menyempatkan waktu untuk membaca buku. Sebanyak yg kumampu. Paling gak sebulan 1buku. Dimulai dari buku teks asas2 linguistik umum yg ketebalan serta sampul depannya saja telah mampu memusnahkan selera bacaku, yg kata2 sulit didalamnya selalu sukses membuatku mendadak begitu rindu pd selimut dan bantal. Bagaimana kalau sekarang aku bilang aku akan mulai memaksa diri lagi. Dengan semangat yg dulu dan kesungguhan yg baru. Berusaha dgn segenap daya upaya agar bisa mencoreti 1 per 1 ke43 muntahan cita2 itu. Menandainya dgn keringat, dgn kebangaan yg mengkilat.

Kupikir, sekarang sudah saatnya untuk berbenah. Uda gak boleh bersantai2 lagi. Uda harus tau diri. Uda harus paham situasi. Sebentar lagi UAS, kel0mp0k belajar telah dibuat. Semua orang mulai bersiap2. Begitu juga aku. Dengan semangat yg dulu dan kesungguhan yg baru.

HAMAASA !! \(>o<)/



Jogja, 1o.12.2oo9, 00:13

11 comments:

  1. naaahh.. ini dia, baru update....

    ayo, mel... sholat tahajud lagi, aku jg pgn sholat tahajud lagi tapi ngantuknya luar biasa.... >,<

    ReplyDelete
  2. uda: itu diaaa... makanya harus dipaksa udaa..

    ReplyDelete
  3. semangat semangaaat... raih cita2mu..... hehehehehe

    ReplyDelete
  4. Semangat annarumi...

    Berbedah lah dari skrang agar di Masa Depan Nanti kita bisa menuai hasilnya. :)

    ReplyDelete
  5. semangat yah mbak mel..
    eh mw bli beli DSLR yah, duhh q kan malu mel u foto2 trus, pa lg u smbunyi2 fotonya :D
    smangat yah mbakk.... ^,^v

    ReplyDelete
  6. ayoo melynnnn, kamu pasti bisa. miss you sis, much :).

    senangnya melihat beberapa komen dikau di tempat daku dan membuat dikau iri & pengen ke garut..xixixi

    ReplyDelete
  7. can u explain to me what is DSLR? I just know a bit, and some said it's very expensive,is it true?

    ReplyDelete
  8. wah .. lama nggak mampir sini... aku juga habis berbenah di blogku... mampir ya...

    ReplyDelete
  9. TETAP SEMANGAT UNTUK TERUS BERKARYA DAN MEMANFAATKAN WAKTU SEMAKSIMAL, SEEFEKTIF DAN SEEFISIEN MUNGKIN. TAPI YANG PERLU DIINGAT ADALAH SEMANGAT TIDAK ATAS DASAR PAKSAAN, AKAN TETAPI HARUS TUMBUH DENGAN KESADARAN SENDIRI DAN KEMAUAN SERTA TEKAD YANG KUAT DARI DALAM HATI. CAIYO....

    ReplyDelete
  10. Well,
    rasanya seperti mendengar diriku sendiri bicara :)

    ReplyDelete