March 5, 2010

love love saman

rei-ka zam2-bg anton-irul-tika-mba ana-mba cindy-melyn-mba eva-bg zaki-pakde-kakek-ka fahmi-hanip

yihaaaaaaaaaa... akhirnya moment yang ditunggu-tunggu tiba juga.
akhirnya segala perjuangan dan pengorbanan, dari mulai waktu, tenaga sampe uang.
akhirnya semua terbayarkan.
penampilan saman yang kedua ini bener2 beda. jauh berbeda dari yang pertama. dari segi pakaian sampai gerakan.

dan di penampilan kedua ini, aku gak nerves lagi. padahal di penampilan pertama, yang cuma ditonton segelintir orang aja aku nervesnya minta ampun. tapi kemarin siang ga. padahal yang nonton ramenya berkali lipat, dari mahasiswa, dosen sampe mahasiswa asing anak inculs.
yah, bagaimanapun pengalaman membuat kita belajar. dan yang paling menyenangkan ialah waktu ngeliat appreciate penonton. gimana mereka tepok tangan karena merasa terhibur dengan penampilan kami. dititik itu rasanya bener2 luar biasa. gak peduli nafas yang uda ngos2an, gak peduli pinggang yang berasa uda mau patah, gak peduli lutut yang uda sedemikian teraniaya. semua itu gak berasa. yang ada cuma bangga, bahagia dan rasa lega.

kemarin siang itu, aku sama sekali gak peduli berapa kali aku salah. gak mikirin orang bakal nilai gimana. apapun, aku tetep senyum. yah, walopun beberapakali sempet terlintas pikiran paranoid, gimana kalo terjadi hal buruk menimpaku diatas panggung? hal2 buruk yang kita gak bisa melakukan apapun untuk mencegahnya. kayak songket lepas, kesandung diatas panggung, bahkan celana melorot. dan syukurnya hal2 buruk itu gak terjadi di aku. tapi mbak cindy. maksutku, bukannya aku bersyukur kejadian buruk menimpa mbak cindy, tapi aku bener2 bersyukur bahwa kejadian buruk seperti kemaren itu terjadi ke mbak cindy bukan ke yang laen dan terjadinya di dies natalis kemaren bukannya pas kami mau tampil di UIN nanti.

ya. kemaren itu memang sempet terjadi hal yang gak diduga.
kancing celana mbak cindy putus dan uda melorot nyaris sedengkul. barangkali karena gerakan cepat menghentak-hentak yang di tarikan terlampau enerjik winking . untungnya kami semua pake songket dan mbak cindy pake legging. jadi gak ada yang tau kalo sebenernya ada hal buruk yang menimpa salah satu dari kami waktu itu. dan tepuk tangan pun masih saja riuh.

gak terbayang, kalo kejadian itu terjadi di aku. apa yang bakal aku lakukan di titik itu??

hal paling mungkin adalah keluar panggung dengan wajah pucat dan airmata bertetesan. dan kalopun aku mutusin tetep dipanggung, konsentrasiku bakal buyar dan gak ada satu gerakan pun yang benar.
tapi mbak cindy memang beda -bagaimanapun yang mahir itu pastilah beda dengan yang amatir, kan?? laughing-. mbak cindy tetep di panggung, mengepit celananya sambil terus menari dan menjaga konsentrasi sebisanya. walopun ada beberapa gerakan yang salah, tapi menurutku itu uda luar biasa.. dan tepukan penonton masih saja riuh.

jadi mari, kita berikan applause untuk mbak cindy.
plokk..plokk..plokk..plokk.. !!! applausenot worthyapplause


dan siapa sangka? komunitas saman yang dulunya diremehkan, sekarang malah bisa mengangkat nama jurusan. bisa bikin sastra arab yang dulunya dilihat dengan mata sebelah kini menjadi disadari keberadaannya. bisa menggerakkan bem fakultas untuk membentuk perkumpulan tari saman juga.
apakah melyn 4bulan lalu, ketika menyambut ajakan mbak cindy untuk bikin komunitas saman di sastra arab dulu pernah terpikir, bahwa pilihannya untuk bergabung waktu itu ialah salah satu dari sekian banyak angin yang menggerak roda2.

dan sama, seperti perasaanku di jurusan ini. meskipun teremehkan, meskipun terkucilkan. meskipun dipandang beberapa orang dengan pandangan seperti ini raised eyebrowraised eyebrowraised eyebrow. aku bener2 ga merasa salah tempat dan malah membalasnya dengan pandangan ini coolcoolcoolcoolcool.

bukankah, ketika kita menjadi minoritas, semangat untuk diakui itu menjadi semakin keras?
love love arab, love love saman. love struckHeartlove struck


jogja, o4.o3.2o1o

20 comments:

  1. Lestarikan Budaya Bangsa...salam kenal...hahahahaha

    ReplyDelete
  2. biasa kalau pertama pasti nerves, tapi kalau udah sering jadi biasa, kata peepatah ala bisa karena biasa.

    salam buat fernando saman muhammad

    ReplyDelete
  3. wow.. saluut.. hebat..hebat...

    ReplyDelete
  4. :bang hilm: siniii..sini.. tak ajarin. huehee..

    :ali mas: heheh..

    :bongrizal: betul-betul. dan manusia akan selalu belajar.

    :om fer: heheh.. penari saman profesional yak??? :D

    ReplyDelete
  5. hebbbaaatttt! mbak cindy bisa dicontoh tuhh :). tetap bersaman ya mel :). i'm proud of you ^^

    ReplyDelete
  6. wah, aku suka bgt liat orang menarikan tarian ini. tarian yg sehat dan energik. sehat karna spt olahraga. bagus tuh. bikin badan bugar. sayang udah tua, jadi udah malas belajar narian seenergik itu. hehehe

    ReplyDelete
  7. selamat ya acaranya sukses, memang semua butuh proses dan kesabaran ya :)

    ReplyDelete
  8. *tutup mata, gak mau lihat yg celananya morot*

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum melyn ketemu lagi kita yah
    gimana kuliahmu... lancar tho
    kapan ke arab
    para TKI menunggumu disana dek.

    ReplyDelete
  10. duh.. terharunya liat tari saman ga hanya populer di kampung kelahiranku (Aceh)
    tp juga di luar aceh..
    hikz.. hikz,

    makasih yah dah diposting ttg Tari saman.

    *salam kenal :D

    ReplyDelete
  11. wah aku diajari to Mel .. :) siapa tahu bisa jadi profesi kedua ya ha ha ha

    ReplyDelete
  12. sekarang tari saman sudah ada yang versi GAME VIRTUAL loh...
    capek tapi mainnya...

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum...

    Mellyn apa khabar? lama nian mbak tidak kemari :( wah, akti di tari saman rupanya? selamat yah mel, semoga ke depannya lebih baik lagi :) Dulu, mbak sellu lihat Mellyn di komennya Mpok Ratu, hampir selalu menempati posisi pertama, tapi sekarang dah jarang yah? Mungkin Mellyn sibuk :)

    ReplyDelete
  14. neng anaz.... sih melyin lagi nimba ilmu katanya mau ke arab saudi, membantu para TKI gitu. salut deh.
    secara kita kan TKI juga neng.

    ReplyDelete
  15. :mba wina: hehe.. amiin. amiin. salam kenal ya mpok. =p ahhaa..

    :mb anas: wa alaikum salam. makasi ya mbaa. hehe.. sibuk?? gaklaa.. cuma gaya sok sibuk aja si melyn inii.. heheh..

    :fi: iyaaiyaaa.. canggih, fi..! ahhaa.. hooyy.. jgn ngintipp. =p

    :om top: hiyaahhh.. kalo om jadi penabuh gendangnya aj yak. ato mo jadi gendangnya?? heheh.. becanda oom. piss..piss..

    :dhe: deee.. ak jg pernah tinggal di aceh loohh. ohoho.. =D

    :aulawi: heheh.. iya. betulbetul.

    :mb fanny: ohoh.. semangat mbaa!!!

    :mb quin: hidup saman! hidup indonesia yg punya banyak tarian!! (n_n)/

    ReplyDelete
  16. hidup melllyyyn :D yang udah merelakan waktu latihannya demi kopdar dengan sayah :D

    ReplyDelete
  17. melyyyn, itu kaki mu kok dipamerin sih di gambar header? wakakakakak

    ReplyDelete
  18. aiiiiiiiiiiiiiiiiii...senangnya baca nih blog..
    suka! senangnya liat anak bangsa yg berkarya..berkarya untuk bangsa ini..semangat kawan! lestarikan budaya bangsa..
    love saman too..
    duh..bener-bener tak tertahankan senengnya..
    SEMANGAAAAAAAAAAAAAAATTT...!!b^O^d

    ReplyDelete