March 26, 2010

percakapan arab

bagiku, mata kuliah ini adalah yang paling mengerikan.
seperti nama mata kuliahnya, biasanya kami memang melakukan percakapan, dan tentu saja, dengan bahasa arab. aku gak yakin bagian paling mengerikannya ada dimana, entah di percakapannya, entah di bahasa arabnya. tapi sepertinya di yang pertama.
yah, mau bagaimana lagi, aku memang lebih suka menulis daripada bicara.

setelah kupikir2, di semester dua ini.. rata2 mata kuliah yang khusus ke bahasa arab menuntutku untuk sprint, bukan lagi jogging.
umm.. bukan rata2, hanya beberapa aja, kayak morfologi arab sama percakapan arab.
untuk mata kuliah telaah teks arab, kebudayaan arab dan kaligrafi arab. aku masih bisa ngikutin.
kesalahanku dulu adalah karena aku jogging sambil bersantai2 di semester satu.
dan aku tau, pindah ke semester dua ini ibarat naik level. tapi bukan level dua, melainkan level tiga sekaligus.

apalagi, mata kuliah ini 6sks. benar2 ranjau. nailbitingworriedworriedworriednailbiting

yang aku sadar sekarang ialah aku mulai malas2an masuk kuliah. mata kuliah ini khususnya. entah knapa..
mungkin karena 6sks? pertemuan 3kali seminggu. bosen, bingung, ruwet, takut, susah, tugas. sighsighsigh
mulai putus asa?
umm.. thinking kurasa belum. aku masih suka disini. masih ingin bisa. masih mau belajar.
tapi jika menengok kedepan, rasa2nya ada begitu banyak yang tertinggal, dan optimisku memudar.

yah.. kurasa, semangat aja mulai gak cukup sekarang. sebab sekarang aku sprint, bukan lagi jogging. banyak yang harus dipikirkan, banyak yang musti dipersiapkan.
stamina, konsentrasi, kesungguhan, strategi dan tentu saja.. air putih. gak bisa kalau cuma semangat aja.

iya. aku harus bikin strategi. harus bikin komitmen lagi. harus punya tekad lagi.
aku bakal kurangi waktu fesbukan, menyediakan waktu untuk mengulang pelajaran.
aku gak mau lagi tidur di kelas kaligrafi, meskipun dosennya ngobrol entah apa, lebih baik di kelas latihan nulis aja.

aku bakal rajin2 mencatat, di tempat yang seharusnya tentu saja, bukan lagi di sembarang kertas seperti selama di semester dua ini. aku bakal membenahi kertas2 yang terserak, mengumpulkannya jadi satu. biar gak ruwet, biar gak ribet.
apalagi??

aku mau lebih rajin untuk morfologi. sering2 latihan mentasrif sendiri.

aku GAK MAU BOLOS LAGI di kelas percakapan arab. sejak awal semester ini aku uda bolos 4kali. harus rajin bikin tugas. gak boleh takut masuk kelas.

iya. sekarang aku punya strategi. uda punya komitmen lagi. uda punya tekad lagi.
ini adalah janji saya, untuk diri saya. dan kalian adalah saksi saya.

HAMAASA!!!
jogja, 26 Maret 2o1o : 5.55 : sesaat sebelum mandi untuk masuk kelas percakapan jam 7.

dan semangat ini, komitmen ini, tekad ini, harus diupgrade sering2. sebab letaknya di hati, naik turun, gak stabil, berubah2. sekali lagi, HAMAASA!!!

17 comments:

  1. moga yang pertama nggak pake xxx...

    ReplyDelete
  2. bahasa arab, mantap tu...tapi saya nggak ngerti cuma tau "kirdun" aja..hee...hee...

    ReplyDelete
  3. ma hadza?

    hehe,
    bisanya itu doank mel.

    ReplyDelete
  4. ntar coba posting pake bahasa Arab ya Mel....tapi kudu pake terjemahan "Bahasa"....oke....

    ReplyDelete
  5. :bong rizal: bukan kirdun bong, tp qirdun. heheh..
    ngomong2, baru aja tadi dikelas percakapan kita ngegame.
    judulnya القبض على قرد artinya menangkap monyet.
    ohho.. tau aj tu dosen, kita semua uda pada bosen sama pelajaran, jadinya ngegame deh hari ini. beruntungnya sayaaaa.. ahhaa..

    :abang: hehe.. waktu pertama masuk dulu juga itu yg dipelajari bang. bener2 dari dasar. makanya shocking gitu, waktu di semester dua orientasinya bukan lagi kosa kata, tapi pola2 bahasa. ckckck...

    :oom srex: ehheh.. kemaren pake gugel translate oom. tp skg ud dhapus, biar gak berat. aku ud pernah coba terjemahin blog ini k bhs arab. ahhaa.. jdinya huruf arab semua. malah ak yg puyeng. hayaahh..

    ReplyDelete
  6. hayoo... jangan bermalas-malasan, inget pesen orang tua, kuliah yg bener...

    ReplyDelete
  7. Wah aysyik tuh percakapannya!!! mau donk diajarin sedikit2 heee

    ReplyDelete
  8. Mel,tumben jenguk gue =))
    Betul gak boleh males anak manis.Biar ayah bunda bangga.

    ReplyDelete
  9. fa 'ala yaf 'ulu fa' lan... inget tasrifan... :-)

    ReplyDelete
  10. Weeww belajar percakapan arab? Hebat euy, saya ikut doain cepet jago ya arabnya. Cuma bisa khaifa khaluk,,, weeee

    ReplyDelete
  11. Wahhh terus belajar dong..

    ReplyDelete
  12. Bahasa Arab? klo aq sih bisanya cuman Ana sama Ente doank hehe.... Salam kenal

    ReplyDelete
  13. :yuniarnukti: hehe... salam kenal!

    :oom kika: iya oom. siap, laksanakan! =)

    :ducky: amiin. makasii ducky.. ;D

    :buwel: heehe.. mentasrif.. mentasrif.. mentantasrif dimanamana. ohhoo..

    :mb aisha: iyaa mbaakk..

    :kotak: ohoho..

    :oom sugeng: siipp!

    ReplyDelete
  14. cayoooo... melyn kamu pasti bisaaa...
    jangan bolos !

    ReplyDelete