November 6, 2010

merapi

big grin

malam ini ada yang agak berbeda di kosan Mahendra Bayu.
barangkali, karena hujan abu rada berpasir yang menghujani jogja sejak tadi malam bikin semua anak kosan agak cemas. kemarin, ugm resmi diliburkan sampai waktu yang tidak ditentukan. hegee.. bukan ding. itu mah maunya saya. ugm libur sampai tanggal 15 aja.

kemarin itu ortu nelpon dua kali hanya untuk mewanti2 untuk rajin2 di kamar aja. responku sederhana; iya. padahal faktanya sejak jam 10 pagi sampai dekat isya aku baru pulang.
sekarang aku lihat jogja seperti kota asing yang enggak aku kenal. mobil2, dimanapun dia di parkir, pasti berdebuny ampun2an. semua pohon dan taneman jadi nggak indah lagi. di jalan, atap rumah, sekolah, semuanya putih. bikin aku mikir jangan2 aku lagi di narnia. hee hee

susah bener rasanya cari tempat makan. dimana2 tutup. wajar aja, hujan debu yang belum berhenti sejak tadi malam bikin apapun berdebu. bahkan teras kamarku yang tempatnya cukup tertutup pun enggak dapat pengecualian. jadilah, siang tadi aku makan siomay berdebu di kantin humaniora yang para penjualnya pada ngobral makanan gila2an. hihi.. aku dapet pisang goreng 4 biji + perkedel kentang dengan hanya 2ribu rupiah saja. tika dapet gorengan bertumpuk2 plus es teh gratisan.
memang cuma sedikit mahasiswa yang ngampus hari itu dan memang cuma aku ma tika dan beberapa anak-anak sastra arab yang pada sakit syaraf aja yang kurang kerjaan ngampus buat rapat padahal dengan hati berat.

yah, efek gunung merapi kali ini memang dahsyat sekali.
program kerja kegiatan ayyamul arabi aka arabic days yang udah disusun jauh2 hari yang rencananya bakal digelar minggu ke tiga di bulan ini terpaksa dimundurkan hingga waktu yang menentukan. tongue
jadwal latihan intensif saman untuk tampil di tentacles ugm got talent tanggal 27 ini jadi kacau balau. para penari, khususnya dari angkatan 2010 pada pulang ke kampung demi mengamankan diri. mas abe yang kemarin ikut anter adit k stasiun lempuyangan bilang kalo ini eksodus besar-besar-an yang pernah dia temukan. not talking *berdecak.
jadilah, mahasiswa2 takmau/takmampu-pulang macam bg zam2, aku, tika, mba cindy membuat konspirasi yang menyebabkan mereka yg rumahnya dekat macam pakdhe dan kak fahmi menunda kepulangan mereka untuk tampil di balai kota.

setelah menimbang2 yang cukup panjang, kami akhirnya menerima bahwa minggu ini kami bakal tampil saman dengan formasi aku, tika, mba cindy, mba eva, mba ana, noura, bang zam2, pakdhe, bang zaki, bang anton, kak fahmi. benar2 keputusan frustasi yang ditelurkan oleh orang2 frustasi. latihan cuma sehari dalam suasana enggak kondusif macam gini. ahaa.. biarlah, lumayan buat hiburan biar gak tegang2 nian.

sekarang jam 3.41
aku terbangun karena dibangunin tika,
dan udara masih menggigit saja.

waktunya subuhan.

Mahendra Bayu 14
dengan lapar dan wangi apel.
ketika adzan subuh berkumandang menenangkan.

8 comments:

  1. Suasana jogja dengan debu seperti ini mas pernah lihat pas pertama kali di kairo semua tersapu debu, bahkan kalau angin...hmmm harus bersumbunyi, meski bukan dibalik ketiak bapak...haha

    Untuk sekedar perbandingan dengan yang terjadi pada 2006, kala bantul didera gempa yang meluluh lantakkan peradaban di sana *lebay*

    Ketika itu, daerah UGM tidak segitu sepinya, bahkan suasananya masih biasa saja tidak tersentuh nuansa mencekam..
    tapi kini, daerah utara yang artinya memasukkan UGM di dalamnya, telah menyulap daerah ramai dan padat keliurang menjadi daerah jogja akhir tahun 80an...
    sepi dan cukup lengang...

    untuk warung, masih lumayan banyak yang buka dari pada waktu gempa...
    harus bergeriliya mencari sesuap nasi dengan harga tinggi...

    Semoga merapi ini membawa perubahan dalam pola hidup dan mental orang utara, termasuk UGM

    ReplyDelete
  2. hoh ugm itu masuk daerah utara ya mas?
    saya kira selatan.

    ReplyDelete
  3. masih bisa ngepost juga walau jogja seperti kota narnia
    ketemu sama ratu yang dingin itu ga mel,,,

    halahh dasar ga solid deh *nunjuk diri sendiri*
    gimana kabar melyn di sana...??
    makasih ucapannya ya...

    ReplyDelete
  4. masih bisa ngepost juga walau jogja seperti kota narnia
    ketemu sama ratu yang dingin itu ga mel,,,

    halahh dasar ga solid deh *nunjuk diri sendiri*
    gimana kabar melyn di sana...??
    makasih ucapannya ya...

    ReplyDelete
  5. wah, jadi repot ya gara-gara merapi..

    ngomong-ngomong, hari ini ngapain? cerita kemarin sudah saya lanjutkan lho :)

    ReplyDelete
  6. hih!

    dah hampir satu tahun dijogja, belum tahu kalo UGM tu di utaran.

    hohoho

    ReplyDelete
  7. @abang: gak taulah, gak ad yg kasih tau. weeyy..

    @rakun: hehe.. di kampus dari jam setengah10 sampe jam 8. sampe kosan langsung inetan. ;pp

    @mas: wohow, gak ngerti ah, utara selatan barat.

    @mba dwin: ahaa.. teteplah soal posting mah. kan dah melyn bilang, skg mau rajin blogging lagii.. ;p

    ReplyDelete