January 31, 2011

hujan seharian

Hari ini makassar hujan seharian.
Hujan angin kencang tadi siang, dengan petir yang bersahut-sahutan.

Aku teringat satu hari sebelum aku berangkat kesini. Saat itu juga hujan, tak henti2 mengguyur jogja sejak pagi, angin kencang menerbangkan apa yang ada di jemuran, bahkan juga boneka berat dame yang dijemur pada tembok dekat beranda.

Aku yang saat itu terjebak di kosan. Seharian. Tak bisa kemana-mana. Cuma online saja.
Kesepian, kedinginan, dan lapar.

Cuma suara angin yg menampari sunyi. Kos-kos an sepi. Terasa kosong macam tak berpenghuni. Sebagian besar sudah pulang ke kampung halaman, sebagian kecil menetap di kamar, mungkin tidur siang, dan beberapa sisanya berkeliaran.

Sampai akhirnya rasa lapar menjadi semakin liar dan tidak tertahan.
kuputuskan untuk menyusuri lorong gelap di depan kamar azka. Menuju rak tempat makanan bersama. Maghrib hampir tiba. Sebungkus macaroni instan la fonte itu akhirnya kuambil juga.
Kembali ke kamar, kemudian merendamnya dengan air panas dari dispenser yg kuletak di dekat jendela. Menelannya separuh mentah.

Tapi sekarang aku di rumah. Tidak merasa sepi sama sekali. tidak merasa sepi lagi. Hanya sekedar mengutuki fitri yg ngotot menghidupkan AC pada cuaca sedingin ini.
Sangat-sangat bersyukur atas bedcover-putih-tebal yang saat ini menyelimutiku, bahkan untuk kasur yang terseprai rapi -yang bahkan tidak kupunyai di jogja sebab dua sepraiku kotor semua dan dua sisanya hilang entah kemana-
untuk televisi yg menyusutkan masa, juga untuk makanan yang cukup serta air putih yang tidak lagi sebagai pengganjal perut.

Dan terlebih lagi aku bersyukur untuk mereka yang memenuhkan rumah. Untuk aditya yg bisa kudengar tawanya maupun kupecahkan tangisnya.
hari ini memang hujan seharian,
Tapi aku bersyukur sekarang aku di rumah. Dan masih di rumah.
Home sweet home.

pada terakhir januari
Taman dahlia pukul 21:32
Menyaksikan air hujan yang abadi di jendela
Goresan di jari sudah tak nyeri lagi

3 comments:

  1. Horeee.. ini edisi pulkam ya? hehee
    nasib anak kos banget deh :p

    ReplyDelete
  2. Horeee.. ini edisi pulkam ya? hehee
    nasib anak kos banget deh :p

    ReplyDelete
  3. #kak mila: wohooho.. hip hip horeeee...! hehe.. peningkatan mutu khidupan sih kalo anak kos bilang. ;pp

    ReplyDelete