July 13, 2011

beranda rumah

aku baru sadar ini waktu iseng-iseng ngintip langit dari teras kosan lantai atas.
Spot tempat biasanya aku bengong ternyata tepat menghadap beranda depan rumah kakaknya mbak yuli. Yang kebetulan baru saja menikah sekitar awal tahun ini.

Rumah panjang mbak yuli itu punya 3 beranda. Yang pertama tepat berhadapan dengan depan pintu masuk garasi kosan, dipakai untuk berjualan. pinggir depan dan sampingnya dipasang tirai dari bambu, dari tengah atap ada angklung menggantung yang suaranua mirip bunyi gelas dihantam es batu.

teras bagian tengah luasnya tidak seberapa. tepat seperti teras kamar di kosanku yang dulu.

teras ketiganya merupakan bagian pintu masuk ke rumah. warnanya dibuat beda sendiri. tembok hijau kebiruan disanding dua kursi berwarna kecokelatan. Warna lantai keramiknya adalah warna tembok kamarku yang sekarang. coklat krem mirip warna yakult yang menjelang tanggal kadaluarsa.

Nanti, aku kepingin punya rumah macam begini. 1/3 nya saja sudah cukup, asal di dukung beranda yang luasnya paling tidak mencapai luas kamarku yang sekarang. Di Beranda itu, kelak anakku akan belajar merangkak, menata properti dalam permainan boneka barbie, bermain bola bekel, congklak, monopoli dan ular tangga.

Atau boleh jadi seperti aku dulu, menggenggam penuh tangan kecil itu sambil mendadahi suamiku hingga akhirnya ia bertambah besar, kemudian menyuapinya sarapan sembari mengagumi betapa cerdasnya ia mengikat tali sepatunya, melepas ia setiap akan pergi sekolah.

Nanti, di teras itu juga harus ada dua tempat duduk nyaman warna kecokelatan. atau kalau bisa sebuah ayunan panjang. Tempat aku bisa berdua saja mencari-cari rasi bintang sembari menghirup aroma kopi hitam.

melewati malam-malam menyenangkan dalam kesenyapan.

mahendra bayu kamar 14,
45 menit lewat pukul 11,
waktunya tidur, besok ke sekre lagi jam setengah 8
selamat malam! =D

3 comments:

  1. amiiiiin.. hehehee... ntar undang2 ya ngopi2 di teras nya :p

    ReplyDelete
  2. widiiihhhh keren banget udah punya gambaran tentang rumah & penghuninya... kerennn...
    saya kira melyn adalah anak masa depan yang terlahir dini di masa ini... *apa sih?!* huahaha..
    pakabar sis?
    miss you

    ReplyDelete