November 6, 2011

3 Idul Adha =)

Hey-hey, selamat hari raya! :)

Enggak kerasa lagi-lagi udah Idul Adha, dan ini udah kali ketiga.

Aku ingat pertama kali aku lebaran Idul Adha di Jogja jauh dari keluarga. Jauh dari moment sholat hari raya bersama terus makan sop kuah daging dengan kaki-kaki sapi yang di sendi-sendinya masih ada daging sejumput-sejumput, iya, yang sumsum di dalam tulangnya selalu jadi rebutan untuk diseruput-seruput :9.

Idul Adha pertama, aku gagal ikut sholat hari raya. Aku belum kos di mahendra bayu waktu itu jadi Tika masih jadi nomaden mobilitas tinggi yang nginep di tempatku hampir tiap hari lalu baru balik ke kosnya pagi-pagi. Malam sebelum hari raya kami baru tidur sekitar jam 3, entah mengobrol apa, tapi yang kuingat, kami baru bisa tidur setelah bersusah payah memaksakan diri untuk saling menutup mulut masing-masing karena tahu betul besok pagi kami harus sholat id.

Besoknya aku bangun jam 5. Cepat-cepat mandi lalu sholat shubuh sembari masih meneriaki Tika yang susah bangun macam biasa. Setengah jam kemudian kami udah kelayapan dari kos lamaku ke kos Mahendra Bayu dengan sudah memakai mukena macam orang asmara subuh-an di bulan puasa, cuma bedanya, hari ini kan hari raya :)

Sesampainya di kamar nomor 15 kos Mahendra Bayu dalam jeda waktu menunggu Tika ganti baju, ternyata Ara kepingin ikutan sholat juga, tapi belum mandi katanya. Jadilah, kami yang sebenarnya udah siap berangkat karena Tika juga udah kelar ganti baju menyepi di kamar Tika lagi dengan dalih nunggu Ara selesai mandi.

Tapi mata yang baru dipejamkan 2 jam waktu itu bener-bener susah diajak kompromi. Apalagi dibiarkan berdekatan dengan kasur dan bantal serta udara pagi yang masih basah dirintiki hujan. Aku dan Tika pun sibuk saling mendukung bahwa tidur ayam sambil duduk enggak membatalkan wudhu. Maka, akhirnya, daripada nungguin Ara enggak ada kerjaan, lebih baik kami mengisinya dengan tidur ayam-ayaman, dengan seluruh badan berselimut mukena, dan dalam keadaan duduk tentu saja. Selanjutnya, klasik seperti yang sudah bisa langsung ditebak dengan mudah. Bangun-bangun langit udah terang dan suara takbir udah enggak kedengaran.
Yep! Kami kesiangan!

Tapi yang lebih ngenes itu ialah ketika akhirnya mencari-cari saudari Zahra Aulianissa di kamarnya.
Dia enggak ada saudara-saudara! Pergi sholat sendiri dengan begitu tidak tahu diri. *kujukkujuk ke kamar Ara minta Sari Roti untuk ganti rugi ;p

Idul Adha kedua jatuh tepat bersamaan dengan ulang tahunku. Gerimis pagi-pagi, dan rindu rumah semakin menjadi-jadi. Berlebaran sendirian saja, atau ulang tahun jauh dari rumah saja seharusnya sudah cukup menyedihkan. Kenapa keduanya harus jatuh disaat bersamaan?
Di At-Taqwa aku ketemu 2 orang teman sekelasku dan sorenya ada Mas Abe, Tika, Kak Zamzam, Mba Cindy sama Pakde yang ngasih kue untuk ulang tahunku. Aku senang karena setidaknya ketemu orang-orang dan bisa sejenak seru-seruan.
Tapi bagaimana pun juga, itu semua bukan rumah. Masih jauh dari rumah.
Seenggaknya bukan rumah yang aku rindui dan bikin mataku bengkak karena nangis kangen 2 hari.

Tapi Idul Adha ketiga itu hari ini!
Sabtu kemarin aku nyampah seharian di kamar dan jadi mendadak hilang dicariin orang-orang macam yang udah pernah. Bangun dengan panik jam setengah 6pagi setelah digedor Mita dengan pertanyaan "mau ikut sholat di maskam, nggak?"
Mandi rusuh grabak-grubuk tapi juga enggak bisa mengabaikan keinginan untuk cuci rambut.

Dan sekarang, baru aja, kira-kira sekitar 10 menit yang lalu, aku baru balik dari kamar ifa sehabis rusuh-rusuhan sama Azka, Ara, dan Ifa karena rebutan rawon yang dibuat putri dari jatah daging untuk kosan ini. *a lot of thanks to putri yang udah ngasih makan perempuan-perempuan perindu daging di kos ini. gyahahhaha... xD

Enggak kerasa ini udah Idul Adha ketiga. Ada banyak hal yang berubah tapi aku masih Melyn yang sama. Masih Melyn yang senang jalan, berumur belasan dan masih belum punya pacar.

Tapi yang terpenting ialah pelan-pelan semuanya mulai kelihatan lebih ramah.
Happy Idul Adha :)


percaya atau enggak, ini rasanya enak =9




di maskam tadi rame anak kecil yang lucu-lucu ngegemesin xP
poto-poto waktu sholat tadi, ngerampok dari Mita ;p

5 comments:

  1. kok ada tulisan nggak enak..seleranya jadi menurun..

    ReplyDelete
  2. jadi lapaaaaar......
    hehehheee

    ReplyDelete
  3. Dija kemaren gak diajak sholat ied
    soalnya Dija belom bangun...

    ReplyDelete
  4. biar katanya gak enak yang penting enak :D

    ReplyDelete