December 13, 2016

Balada Topan Vardah dan Cara Membuat Ayam Kari

Judul postingan ini memang nggak nyambung banget, tapi Topan Vardah memang lagi jadi hotline di India dan kemarin saya juga udah janji mau posting tentang Resep Membuat Ayam Kari.

Ternyata cuaca mendung gerimis syahdu yang melanda Kerala dua hari ini merupakan imbas dari Badai Topan Vardah yang tengah melanda wilayah Tamil Nadu sejak hari Senin kemarin. Saya cuman bisa melotot nggak percaya waktu Ka Salam bilang kecepatan Topan Vardah ini mencapai 140 kilometer per jamnya, nggak heran selain berhasil memporak-porandakan seisi kota, topan ini juga telah memakan 12 korban jiwa (HindustanTimes, Dec 13, 2016).

Alhamdulillah-nya, tempat saya cuma kebagian kena rintikan ujan doang sama hawa dingin seharian yang bikin males mandi padahal menurut prediksi, Kerala bakal hujan besar. Mungkin Kerala bagian lain yang lebih dekat pesisir tenggara merasakan dampak yang lebih besar.

Yah, tapi sebenernya secara nggak langsung saya kena dampak juga sih dari Topan Vardah ini karena tiket pulang kampung saya hari Jum'at nanti mau nggak mau terpaksa dibatalin. Tinggal 3 hari lagi, tapi yah mau gimana, cuaca memang lagi nggak bagus dan Ka Salam lebih milih bayar biaya reschedule tiket daripada ngizinin saya bepergian naik pesawat yang terbangnya melintas teluk benggala. Saya baca-baca juga ada ribuan turis yang terjebak di Andaman Nicobar karena cuaca buruk.

Uhh, padahal saya udah kangen banget sama lontong sayur di sebelah rumah, kangen jajan bakso, bubur ayam, cilok, siomay. Ngomong-ngomong soal makanan, saya jadi inget mau cerita pengalaman saya masak chicken curry yang akhirnya sukses dipuji suami dan ludes diabisin sama adik ipar. Malahan suami bilang chicken curry buatan saya lebih enak dari chicken curry buatan kakak ipar yang jago banget masaknya. Duh!

Langsung aja, berikut step by step cara membuat chicken curry yang enak ala Chef Melyn =D *baru sekali dipuji aja itu nama udah ada tambahan Chef-nya. Hahaaa

resep membuat chicken curry

Resep Cara Membuat Ayam Kari


Bahan-bahan:
  • 500 gr daging ayam
  • 1 siung bawang putih
  • 1 potong jahe (seukuran ibu jari)
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 buah tomat.
  • 3 buah cabe hijau besar, (atau kalau pakai cabe rawit merah 5-6 buah, potong membujur/vertikal)
  • 2 helai daun kari
  • 2-3 helai daun ketumbar
  • 1 helai daun mint
  • 2 sdm bubuk cabe
  • 1 sdt chicken masala, (bisa diganti dengan bumbu kaldu ayam bubuk instan 1/2 sdt, walaupun tidak saya sarankan karena kaldu ayam bubuk instan yang dijual otomatis mengandung pengawet dan MSG. Atau kalian bisa coba membuat kaldu ayam bubuk sendiri di rumah,)
  • 1/4 sdt jahe bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 2 sdm minyak kelapa (jangan terlalu banyak karena jaringan lemak daging ayam biasanya menghasilkan banyak minyak, kalian bisa juga mengganti minyak kelapa dengan palm oil, sunflower oil, atau vegetable oil, saya suka minyak kelapa karena lebih wangi dan  terasa gurih)
  • garam dan lada secukupnya sesuai selera

Cara membuat:
  1. Cuci bersih daging ayam, tiriskan. Blender bawang putih dan jahe.
  2. Iris tipis-tipis bawang bombay. Potong-potong tomat, daun ketumbar dan daun mint.
  3. Iris membujur cabai, jangan melintang karena nanti akan terlalu pedas.
  4. Setelah itu panaskan panci, tuang sedikit minyak, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daun kari, cabai, dan tomat. Aduk-aduk sebentar, tambahkan sedikit air, kira-kira 2-3 sendok makan hanya agar tidak gosong.
  5. Masukkan bubuk cabe, chicken masala, jahe bubuk, ketumbar bubuk, garam dan lada. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Cicipi dan koreksi hingga rasa yang dihasilkan terasa pas. Perlu diingat, pada step ini, campuran bumbu yang kalian buat harus 2-3 level lebih intens karena nanti kita akan menambahkan air.
  6. Apabila bumbu telah dirasa pas, masukkan daging ayam sembari diaduk-aduk agar bumbu terbalur sempurna, tambahkan sedikit air untuk mempermudah, kecilkan api, biarkan masak selama 1-2 menit kemudian tambahkan 2-3 gelas air.
  7. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah daging ayam dirasa cukup matang, matikan api, dan kari ayam siap dihidangkan.
Selamat Mencoba. Semoga Sukses yah tapi tak perlu bersedih kalau belum sukses, karena suami akan tetap sayang kita. :DD

4 comments:

  1. Melyn tinggal di Kerala ya? Jadi inget ada lomba blog untuk bisa berkunjung ke sana... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbakk, hehe.. Kerala sih kurang lebih sama kayak Indonesia, cuma bedanya disini rame sama bajaj, orang bersarung sama ibu-ibu pake sari. ehehehhe

      Delete
  2. bikin ngiler mbak makananya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, embakke, buat saya siomay lebih menggoda. huekekekek

      Delete